35 Tempat Wisata Di Banten Yang Menarik dan Indah

Diposting pada

Provinsi Banten merupakan  sebuah provinsi yang terletak paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini juga mempunyai  perkembangan industri yang cukup pesat serta  sudah terkenal sejak dulu sebagai pelabuhan yang ramai dan setrategis. Selat Sunda merupakan jalur kapal besar yang menghubungkan Australia, Selandia Baru dan kawasan Asia Tenggara.

Awalnya, Provinsi Banten dikenal dengan nama Batam yakni sebuah daerah dengan kota Pelabuhan. Meskipun begitu adanya, di Provinsi Banten terdapat berbagai tempat-tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Berikut ulasan yang telah kami ramgkum guna untuk mempermudah dan memperjelas keterangan tempat wisata didalamnya;

  1. Masjid Agung Banten

Adalah masjid tertua di Indonesia yang banyak ditemukan nilai-nilai sejarah. Lokasinya terletak di desa Banten Lama, yakni di Desa Banten yang berjarak sekitar 10 km sebelah utara Kota Serang. Masjid Agung Banten di bangun pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1552-1470, beliau adalah Sultan pertama dari Kesultanan Banten ( putra pertama dari Sunan Gunung Jati ). Yang menjadi kekhasannya terlihat dari atap bangunan masjid dengan bertumpuk lima, mirip pagoda China yaitu karya arsitek Cina bernama Tjek Ban Tjut. Dua buah serambi yang di buat kemudian menjadi pelengkap di sisi utara dan selatan bangunan utamanya. Di kawasannya terdapat kompleks pemakaman sultan-sultan Banten beserta segenap keluarga.

Adapun menara yang menjadi ciri khas Masjid Agung Banten yang terletak di sebelah timur masjid. Menara ini berbahan batu bata dengan tingginya 24 meter, berdiameter 10 meter dan semua berita Belanda tentang Banten hampir kesemuanya selalu menyebutkan menara tersebut. Agar bisa mencapai puncaknya, para pengunjung harus naik melalui 83 anak tangga dan melewati lorong yang bisa di lewati satu orang saja.

  1. Kota Banten Lama

Disini ada beberapa situs bersejarah Kesultanan Banten seperti Istana Surosoan, Masjid Agung Banten, Isatana Kaibon, Benteng Spellwijk, Danau Tasikardi, Meriam Ki Amuk, Pelabuhan Karangantu, Vihara Avalokitesvara  yang berlokasi di Desa Banten, Kecamatan Kasemen. Tepat pada tahun 1995, Kota Banten Lama diusulkan ke UNESCO guna dijadikan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia. Sebagai tempat wisata sejarah, Kota Lama Banten banyak sekali menyimpan tentang perkembangan sejarah Kesultanan Islam di Banten. Setiap tahunnya tak jarang selalu ada penziarah dan wisatawan yang datang untuk menikmati dan mengagumi semua keindahan peninggalan Kesultanan Banten.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Letaknya di Tatar Pasundan yaitu daerah paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Dikawasannya mencakup wilayah Gunung Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Secara administrative Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Kecamatan Cimangau dan Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia.

Kawasan Taman Nasional Memiliki tiga ekosistem yang memiki hubungan saling ketergantungan dan membentuk dinamika proses ekologi yang sangat komplek di dalamnya, ketiga ekosistem tersebut adalah ekosistem daratan teresterial ( hutan hujan tropika dataran rendah ), ekosistem parairan laut ( terumbu karang dan padang lamun ), dan ekosistem pesisir pantai ( hutan pantai ).

Untuk izin masuk dapat diperoleh di Kantor Pusat Taman Nasional, berada di Kota Labuan / Tamanjaya. Asalkan kalian tahu, bahwa Taman Nasional Ujung Kulon beseta Cagar Alam Krakatau merupakan aset nasional yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

  1. Water World Raya

Kota Tangenrang selain sebagai kota satelit juga menjadi Ibukota Provinsi Banten yang memiliki tempat permainan seru bernama Water World Raya. Bermacam wahana menarik bisa dimainkan dan petualangan disini seperti Pirates Dome Shelter, Pixie Hollow, Baby’s Pool, Power Slider, Sea Devil Pirate Shhips, Croc’s Hive Racer Slide dan masih banyak lagi yang belum sempat disebutkan. Tak hanya  itu adapula aktivitas olahraga yang dapat kalian nikmati diantaranya adalah Gym, futsal, tennis, Olympic Pool, Badminton dan lain-lain. Serta berbagai fasilitas pendukungnya yang tak kalah lengkapnya untuk kenyamanan para pengunjung yaitu berupa Tempat Parkir, Food Court, Outboun Field, Gathering, Souvenir Shop dan sebagainya yang kesemuanya berada di atas tanah seluas -+ 2 hektar.

Untuk hari Selasa sampai Jum’at mulai beroperasi dari pukul 09:00 WIB – 18:000, sedangkan pada hari Sabtu- Minggu di mulai dari pukul 08:00- 18:00. Nikmati dan dapatkan semua keseruan yang ada didalamnya, dipastikan Anda mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Gunung Karang

Merupakan  gunung berapi kerucut ( istirahat ) yang berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Dengan mempunyai ketinggian 1.778 meter dpl, Gunung Karang merupakan gunung tertinggi di provinsi Banten. Puncak gunung ini biasa disebut sebagai Sumur Tujuh dan menjadi lokasi wisata ziarah favorit di Banten. Gunung Karang ini telah di gemari oleh wisatawan untuk melakukan kegiatan pendakian, karenanya mempunyai tantangan tersendiri dalam menyusuri jalan menuju puncak. Pada umumnya jalur pendakian di ketahui ada 2 jalur, yaitu melewati Desa Kaduengang dan menggunakan jalur Pager watu atau Ciekek. Tetepi kusus pendakian bagi mereka yang berwisata ziarah, terdapat jalur lain yaitu dengan melewati Jalur Curug Namgka / Ciomas.

6. Gunung Krakatau

Krakatau atau Krakatao ( bahasa Inggris ) ialah kepulauan Vulkanik yang masih aktif yang berada di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, dikawasannya termasuk cagar alam. Jika membahas Gunung Krakatau, pasti sudah banyak yang tahu bahwa gunung ini pernah meletus dengan letusan gunung berapi terdasyat di dunia. Tunggu sebentar, daya tarik disini terdapat pada sisa-sisa letusan yang menghasilkan ekotisme bentangan alam serta diimbangi dengan anak Gunung Krakatau yang kini masih aktif dan fluktuatif.

 Meskipun faktanya tandus, masih banyak flora dan fauna yang masih tetap hidup di kawasan ini, terbukti adanya pesona laut biru yang berpotensi sebagai tempat memancing ataupun snokerling. Cobalah menyelam, kalian akan dibuat kagum oleh keindahan karang beserta biota laut yang sangat mempesona. Kesempurnaan dan keindahannya akan semakin terasa disaat sang surya tenggelam di ufuk barat.

7. Gunung Pulosari

Merupakan gunung berapi yang letaknya di Kabupaten Padeglang, Provinsi Banten, Indonesia. Meskpun tidak ada catatan tentang letusan yang pernah terjadi, namun terdapat aktivitas fumarol di dinding kaldera dengan kedalaman sekitar 300 meter. Diperkirakan bahwasannya Gunung Pulosari adalah tempat keramat Kerajaan Sunda di tahun 932 sampai 1030 di bagian utara Provinsi Banten sekarang.

Tak jauh dari Kota Padeglang yaitu di Kota Cilegon terdapat kelompok penggiat alam (KOPAC / Korps Penggiat Alam Cilegon ) yang bisa membatu memberikan berbagai informasi dan pemanduan mengenal pendakian Gunung Pulosari. Dengan mempunyai  ketinggian 1346 meter dpl, Gunung Pulosari yang ada di Banten sangat cocok untuk para Pendaki Pemula. Memang ketinggiannya berperingkat ke-2 setelah Gunung Karang di Provinsi Banten. Tetapi jangan remehkan ketinggiannya, karena jalur trek pendakian sangat menantang dengan jangka yang lumayan tinggi.

  1. Kampung Baduy

Lokasinya berada di Desa Cibeo, Kabupaten lebak atau sekitar 42 Km dari Rangkasbitung. Disini Kita bisa berwisata alam sekaligus wisata budaya yang khas, dimana dapat menikmati alam yang masih asri dan juga mengenal lebih banyak tentang budaya yang masih tradisional. Terdapat 2 macam Suku Baduy disini yaitu Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam. Dalam penampilannya Suku Baduy Luar memakai pakaian hitam serta ikat kepala berwarna biru, sedangkan untuk Suku Baduy Dalam memakai baju dan ikat kepala serba putih.

Dilihat dari budaya, Suku Baduy Dalam lebih teguh memegang adat istiadat suku mereka, namun Suku Baduy Luar sudah sedikit terpengaruh dengan budaya luar. Uniknya, keduanya pantang untuk memakai alas kaki, teknologi modern dan transportasi modern. Yang menjadi daya tariknya adalah kealamian alam tempat mereka berada, karena alam disekitarnya tanpa intervensi dunia luar serta tanpa campur tangan dunia luar yang bisa merugikan. Bagi pengunjung sangat dianjurkan menggunakan jasa pemandu wisata, sebab didalam perkampungan Baduy terdapat adat istiadat dan pantangan yag harus dipatuhi kepada semua orang yang berada dikawasannya.

Semua rumah di perkampungan Baduy masih berbahan dari bambu dan ijuk serta menghadap ke arah yang sama. Bawalah perbekalan makanan yang sekiranya bisa dimakan disana, disini kita tidak diperbolehkan menggunakan teknologi modern serta bahan-bahan kimia guna untuk membersihkan diri. Memang tempat wisata yang satu ini selain unik juga akan memberi kesan  kehidupan alam yang sesungguhnya.

  1. Pelabuhan Merak

Tempat ini adalah sebuah pelabuhan penyeberangan di Pulo Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Dimana menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera yang di pisahkan oleh Selat Sunda. Ketika Anda berada di Pelabuhan Merak, setiap harinya akan melihat ratusan Kapal Feri yang melayani arus penumpang dan kendaraan hilir balik ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Adapun durasi perjalanan yang dibutuhkan dari Pelabuhan Merak hingga ke Pelabuhan Bakauheni atau sebaliknya dengan menggunakan Kapal feri ini kurang lebih selama 2 jam.

  1. Pulau Dua atau Pulau urung

Pulau Dua atau Pulau Burung juga merupakan cagar alam yang berada di Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten. Rimbunnya pohon bakau dan kicauan burung akan menyambut Kamu ketika sampai di pulau ini. Cagar alam Pulau Burung ini memiliki ekosistem tumbuhan tropis dengan pesisir. Dinamakan Pulau Burung bukanlah tanpa sebab, daya tarik disini ialah saat bermacam burung dari berbagai tempat ketika bermigrasi. Burung-burung ini singgah dan berkembang biak dan pada umumnya berasal dari belahan bumi utara dan selatan. Mereka bermigrasi guna menghindari musim dingin, terdata ada sekitar 10.000 ekor burung dari 108 jenis yang berbeda berkempul di Pulau Burung. Di Pulau Burung terdapat sebuah menara pengawas dan bisa digunakan untuk melihat bermacam burung yang ada di pulau ini.

  1. Pulau Sangiang

Secara administrative Pulau Sangiang berada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Inilah pulau yang memiliki Wisata Taman Laut  dan banyak menyebutnya sebagai Sеνеn Wonders оf Banten. Pulau Sangiang ini sangat eksotik dengan menawarkan banyak keindahan alamnya, selain itu didalamnya terdapat berbagai macam hewan yang dilindungi.

Memiliki pasir pantai putih serta air laut yang jernih berpadu dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh subur disekitar pulau menjadikannya semakin mempesona. Di pantai tersebut kamu bisa melihat keindahan berbagai biota laut dengan menggunakan Glass Bottom Boat maupun snokerling dan menyelam juga sering dilakukan oleh wisatawan.

  1. Pulau Peucang

Pulau Peucang mempunyai pasir pantai berwarna putih dan air laut yang sangat jernih, sehingga ketika Kamu tiba di dermaganya bisa melihat ikan-ikan kecil dari atas kapal yang Kamu tumpangi. Pemandangannya pun cukup indah, ketika di pantai cobalah menghadap ke arah laut lepas di depan dan kiri terdapat bukit-bukit yang rimbun di tumbuhi pepohonan.

Di kawasan Pulau Peucang juga bisa melihat hewan yang berkeliaran bebas seperti rusa, babi hutan, maupun kera. Lokasinya berada di Selat Panaitan, Pandeglang, Banten yang bisa ditempuh dengan menggunakan kapal dari Jakarta. Dari Jakarta terlebih dahulu menuju ke Kecamatan Sumur terlebih dahulu, dari dermaga di Kecamatan Sumur itulah perjalanan menggunakan kapal bisa dimulai.

  1. Pulau Umang

Paronama sunset di Pulau Umang tak mau kalah dengan keindahan sunset di Kepulauan Seribu, apalagi fasilitas wisata sudah banyak di temukan dikawasannya. Selain itupula masih banyak juga kok kegiatan yang bisa kalian lakukan, seperti bersnokerling, kuliner, voli pantai, sepak bola pantai maupun bersantai di pantainya. Adapun kegiatan olah raga ekstrim berupa jet ski dan banana boat juga siap untuk menguji adrenalin Anda.

Ini dia terdapat gazebo-gazebo yang sudah disediakan untuk melepas kelelahan setelah melakukan aktifitas liburan di Pulau Umang. Jika ingin bermalam bisa menggunakan penginapan yang sudah disediakan oleh pengelola resort dengan fasilitas yang cukup mewah. Saat malam hari juga ada restoran dan café dengan menu kambing guling yang akan memuaskan perut anda dan juga pertunjukan organ tunggal beserta penyainya. Jika berminat, Pulau Umang masih berada di Kecamatan Sumur, Provinsi Banten.

14. Pulau Panaitan

Pulau ini terletak di sebelah barat Laut Jawa dekat Ujung Kulon atau antara Pulau Panaitan dan Pulau Jawa yang dibatasi oleh Selat Panaitan. Kalau secara admistratifnya berada di Wiilayah Kabupaten Padeglang, Provinsi Banten. Bukit-bukit di Pulau tersebut diselimuti oleh hutan dan sangat mudah di temukan hewan liar seperti babi hutan, rusa, burung, monyet, dan masih banyak lagi lainnya.

Garis pantai di Pulau Panaitan dihiasi dengan pasir putih yang membentang luas nan alami sehingga menciptakan beberapa lokasi wisata selam. Gelombang ombak yang cukup besar dikawasannya juga berpotensi untuk melakukan kegiatan olahraga air selancar. Salah satu titik penyelaman yang sudah terkenal di pulau ini adalah terumbu karang Batu Pitak dekat Legon Butun. Mengingat akan arus kuat dan faktor-faktor alam lainnya, kegiatan menyelam tidak dianjurkan bagi penyelam pemula.

15. Pantai Cibeureum

Sangat asri dan teduh di Pantai Cibeureum, sehingga kerap menjadi pilihan wisata keluarga. Di sepanjang garis pantainya banyak ditumbuhi pohon kelapa serta kawasan pantai terawat dan bersih pokoknya sangat nyaman lah. Nah, salah satu yang menarik untuk menikmati wisata alam Pantai Cibeureum ini adalah dengan mencicipi kuliner khasnya yang berupa makanan istimewa di zaman Kesultanan yakni rabeg. Sangat berbeda dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Cibeureum memiliki pantai karang dan pantai berpasir. Lokasinya di Kampung Cinangka, Jalan Karang Bolong Km. 131.

  1. Pantai Karang Bolong

Pantai yang memiliki keunikan tersendiri berupa Karang bolong yang disebabkan oleh hempasan ombak. Dari Kota sejak berjarak sekitar 42 Km, tepatnya yakni dekat dengan Pantai Anyer. Sangat tidak di anjurkan berenang di pantainya, sebab bayak karang-karang tajam yang bisa membahayakan para wisatawan. Setelah di amati, ternyata Pantai Karang Blong adalah pantai terunik yang berada di Provinsi Banten. Jika Anda penasaran, jangan sampai lewatkan obyek wisata yang satu ini.

17. Pantai Anyer

Ini dia pantai di Banten yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan yakni Pantai Anyer. Nama anyer di ambil dari Kecamatan Anter, Kabupaten Serang, Provinsi Banten dimana adalah lokasi pantai tersebut. Pantainya yang indah dengan pasir putih yang lembut menjadikan pantai ini menjadi salah satu pantai favorit di kawasannya. Mengunjungi Pantai Anyer pastilah akan menjadi liburan dan juga trip yang menarik untuk kalian semua. Banyak kegiaan-kegiatan yang menyenangkan seperti berfoto ria, berenang, bermain Water Sport, bermain pasir, Snokerling , Surfing, melihat sunset dan Sunrise serta berkumpul bersama keluarga dengan menikmati idahnya pantai.

Oһ iya, disini juga terdapat penginapan hotel, cottage, villa, maupun home stay mulai dari kelas sederhana hingga berkelas ada di kawasan Pantai Anyer. Dari sekian banyaknya penginapan, umumnya sudah mempunyai fasilitas yang memadai seperti halnya kamar full Ac, kolam renang, water sport ( jetski / banana boat ), ATV, dan masih banyak fasilitas yang sangat menyenangkan.

  1. Pantai Ciputih

Ketika kalian semua berada di Pantai Ciputih, kesan pertama adalah keadaan alam yang masih alami seakan-akan belum terjamah yakni berada di Desa Kertamukti, Kecamatan Sumur, Kabupaten Padeglang, Banten. Meski begitu adanya, di kawasan Pantai Ciputih juga tak luput dari penginapan yang banyak diburu di tempat ini adalah Ciputih Beach Resort dengan fasilitas mewah dan harga yang terjangkau.

Untuk mencapainya bawalah kendaraan yang cukup kuat, dikarenakan oleh jalan yang belum cukup baik. Untuk jalur Padeglang, perjalanan membutuhkan waktu kiranya selama 7,5 jam melalui rute jakarta – Tol Merak – Serang Timur – Padeglang – Labuhan – Panimbang – Sumur.  Anda penasaran ? ayo tunggu apa lagi untuk mengunjungi dan berwisata di Pantai Ciputih nan alami ini.

  1. Pantai Marina

Di Pantai Marina sangat cocok bagi Kamu yang menghandrungi wahana permainan air, bermacam keseruan permainan air bisa Anda nikmati disini. Keunggulan lain yang menonjol dari Pantai Marina adalah adanya sarana akomodasi berupa pengiapan , villa, atau resort dengan berbagai kelas serta pilihan yang memadai. Fasilitasnya juga lengkap dan sangat menggoda, jadi banyak kemungkinan akan memberi kenyamanan dalam kegiatan berwisata Anda. Nah, dengan sumua fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap inilah, membuat Pantai Marina menjadi tujuan berlibur dan banyak diminati sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburan.

20. Pantai Jambu

Meskipun kebanyakan lokasi pantai di kawasan Anyer sangat strategis dan mudah dijangkau, namun tidak demikian dengan pantai yang satu ini. Letak Pantai Jambu ini agak kedalam menyerupai sebuah cekungan dan membutuhkan kecermatan untuk menemukannya. Dengan keberadaannya menjorok ke darat, di sekitar pantai tersebut banyak daerah dangkal yang aman dari arus ombak.

Mengingat lokasinya yang tak mudah di temukan, menjadikan kebersihan dan kealamian pantai ini masih sangat terjaga sekali.

Ditambah lagi dengan hamparan pasir putih dan lembut membuat pengujungnya merasa nyaman serta tak mau ketinggalan paronama maupun suasana yang ditawarkan. Pantai jambu juga terbilang lebih menarik, menyenangkan  dan lebih seru dibandingkan dengan pantai-pantai di Anyer lainnya. Coba banyangkan, air laut di pantai itu begitu bening dengan nuansa hijau kebiru-biruan dengan dilengkapi angin sepoi-sepoi menambah indahnya pengalaman berlibur Anda. Dan perlu di ketahui bahwa siapapun yang berkunjung akan merasakan ketenangan dan bebas dari kepenatan rutinitas sehari-hari.

  1. Pantai Pasir Putih Florida

Ini bukan rekayasa, memang pantai tersebut bernama Pantai Pasir Putih Florida yang menyajikan banyak pilihan tempat untuk menikmati indahnya pesona sunset. Memnag dikala siang hari suasananya cukup terik, namun jangan salah ketika sore menjelang angin segar dan langit yang perlahan berwarna oranye akan membius siapapun yang melihatnya. Meskipun bernama Pantai Pasir Putih, faktanya pasir disini tidak terlalu putih. Menariknya, pasir yang basah beserta perairannya mampu mereflesikan warna langit nan luar biasa indahnya. Belum lagi garis pantai yang cukup panjang, membuat paroama sunset yang begitu mempesona dilihat dari berbagai sisi pantainya. Banyangkan cahaya mentari memantulkan warba-warna cantik ke langit, ada yang berwarna ungu, pink, hingga warna oranye yang sangat pekat. Coba datang dan buktikan sendiri keunikkannya.

22. Pantai Sawarna

Pantai ini juga termasuk pantai yang populer dikalangan teraveler yang ada di Banten maupun yang ada di luar Pulau Jawa. Lokasi Pantai Sawarna tepat berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Ketika sampai dilokasi, di ujung pantai terdapat banyak batu-batu karang yang bisa dijadikan spot terbaik untuk berfoto. Setelah puas bermain atau melakukan kegiatan-kegiatan, bisa beristirahat sambil mengisi tenaga di warung-warung di sekitar pantai. Banyak pula penginapan bagi kalian yang berencana untuk menikmati keindahan beberapa hari dari tarif Rp 100.000 – Rp 300.000 / malam dan sudah termasuk makanan. Hampir saja lupa, kamu juga bisa mendirikan tenda di tepi pantai dengan catatan minta izin terlebih dahulu pada RT atau RW setempat.

  1. Pantai Tanjung Lesung

Keindahan Pantai Tanjung Lesung bisa dibilang dapat menyaingi pantai-pantai yang berada di Bali dan Lombok, yang terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten atau terletak di sebelah barat Kabupaten Pandeglang dengan luasnya berkisar 150 Ha. Di pantai ini para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pasir putih yang membentang luas serta udara laut sepoi-sepoi yang khas dan menenangkan. Seandainya ingin lebih menikmai pemandangan bawah lautnya, kalian bisa menyewa peralatan snokerling. Disekitar wilayah Pantai Tanjung Lesung juga tersedia rumah makan yang kebanyakan bermayoritas menyajikan hidangan laut / sea food. Jika belum puas juga, bisa mengunjungi lokasi konservasi terumbu karang yang berada di Karang Gundul, Tanjung Lesung dan Pulau Liungan.

24. Pantai Bagedur

Daya tarik untuk Pantai Bagedur ini adalah konstur pantai yang landai dengan hamparan pasir putih yang panjang dan luas. Tak bisa dipungkiri bahwa keadaan pantainya sangat indah dan cukup luas sehingga Kalian semua dapat leluasa melakukan berbagai aktivitas kegiatan pantai yang mengasyikkan tentunya. Pasir putih berpadu dengan air laut yang berwarna biru dan diimbangi pemandangan sekitar yang alami pastinya akan memanjakan mata. Dengan memiliki pantai yang landai dan tanpa karang, semua pengunjung bisa berenang maupun bermain pasir. Tetapi Kamu harus tetap berhati-hati, yang disebabkan Pantai Bagedur memiliki ombak khas pantai selatan.

Sangat berbeda dengan pantai lainnya, di pantai ini mudah ditemui penyewaan speed boat ataupun banana boat dan hiruk piruk wisata pantai lainnya. Suasananya tenang dan nyaman sehingga sangat cocok bagi kalian untuk tempat menenangkan pikiran.

25. Pantai Carita

Keelokan dan keunikan bah surga, bayangkan saja selain memiliki pasir pasir kecoklatan yang begitu menajubkan di Pantai Carita juga bisa mencicipi kuliner sea food seperti kepiting saus pedas, ikan bakar, gurame bakar, cumi, udang, serta bermacam makanan sea food lainnya. Ketika sudah sampai di wisata Pantai Carita, banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan. Adapun kegiatan seru di antara lain seperti jetsky, Banana Boat, Diving, Surfing, maupun berenang atau bermain-main pasir di bibir pantainya. Dengan ombak yang tak begitu besar, membuat aman digunakan untuk berenang maupun berbagai kegiatan permainan air lainnya. Bagi sobatku yang ingin berlibur di Pantai Carita jangan sampai lewatkan menikmati indahnya sunsetnya .

26. Pantai Cihara

Berlokasi di Kampung Sukahuja, Desa Ciparahu, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini berkarakter pantai yang mempunyai tebing-tebing sebagai ciri khas yang unik jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di kawasan tersebut. Sangat disayangkan jika melewatkan kegiatan berfoto-foto begitupun menikmati nuansa romantis. Banyak juga warung-warung  yang bergaya etnik dengan dilengkapi gazebo berbahan baku bambu. Meskipun terlihat sederhana dan belum dilengkapi dengan bermacam fasilitas, keindahan alam yang disajikan Pantai Cihara memiliki karakteristik yang berbeda di setiap sisi kanan dan kirinya. Wilayahnya yang belum mempunyai akses transportasi yang memadai menjadikannya agak sulit untuk dijangkau. Makanya sangat di anjurkan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja.

27. Pantai Karang Taraje

Tempat  wisata ini masih masuk dalam wahana wisata Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantainya dipenuhi oleh batu karang berbagai ukuran, di sebelah kiri pantai menyerupai teras yang luas dan sedikit berundak-undak seperti tangga. Setelah melewati karang-karang kecil dan hamparan luas karang tidak lama lagi akan melihat barisan karang yang menyerupai tembok besar. Di karang itulah para pengunjung bisa melihat ombak yang pecah menghantam karang dan kemudian kembali turun menyerupai air terjun mini. Dan uniknya lagi, banyak sekali ditemui karang yang bolong yang diisi oleh air laut dari ombak beserta ikan-ikan kecil ke dalamnya.

28. Pantai Karang Songsong

Ombak yang besar adalah ciri khas di pantai ini dan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong luar maupun dalam daerah untuk meikmati indahnya alam ini. Cerita punya cerita masyarakat, pantai tersebut memiliki dua nama yakni Pantai Karang Songsong atau Pantai Cibobos yang berada di Desa Cibobos, Kecamatan Panggarangan, Lebak, Banten.

Pantai ini memang menawarkan pesona keindahan hempasan air ombak yang membentur karang yang sangat menarik. Agar bisa masuk dikawasan pantai Anda diwajibkan membeli karcis, nah setelah itu baru bisa menikmati semua keunikan dan keindahan yang tersimpan di dalamnya.

  1. Pantai Mabak

Lokasi pantai Mabak berada di daerah Merak, Banten yang tepatnya di dekat pelabuhan Merak. Wisata kali ini menghadap ke sebuah pulau kecil yang bernama Pulo Merak Kecil, sehingga pemandangan sunset menjadi dominan indahnya. Maka tak heran banyak para fotografer profesional maupun amatir datang untuk memburu momen sunset yang menjadi unggulan. Di kawasan Pantai Mabak juga terdapat sebuah penginapan dengan halaman parkir yang cukup luas. Teliti punya teliti Pantai Mabak ini memiliki pasir pantai yang putih.

30. Air Terjun Curug Betung

Terletak di Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten atau berjarak sekitar 4,5 km dari jalan Raya Palka dengan kondisi jalan setapak makadam. Air terjun ini berada di perbukitan bersebelahan dengan Rawa Danau. Kondisi alam yang tersaji masih sangat alami dan bisa membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

Suana asri dan sejuk pasti sudah menjadi ciri khasnya, dengan memiliki ketinggian hanya 1,5 meter saja. Airnya cukup deras dan jika bermain air di tempat wisata ini harus ekstra hati-hati.

31. Air Terjun Cihear

Berada di Gunung Leutik yang masih di dalam kawasan Gunung Halimun Salak atau juga masih berdekatan dengan wisata Arung Jeram Sungai Ciberang. Curug ini memiliki aliran air yang sangat deras dan indah dengan tinggi terjunan sekitar 25 meter, lebar 6 meter. Jika ingin mengunjunginya, obyek wisata ini terletak di antara Desa Cigobang dan Desa Ciladeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten. Adapun jaraknya seitar 100 km dari Jakarta lewat Balaraja, bisa pula dari Serang lewat Padeglang dan Ragkasbitung dengan jarak kurang lebih 80 m.

32. Air Terjun Gendang

Oke lanjut lagi, Air Terjun Gendang berada di ketinggian 170 mdpl yang airnya berasal dari hulu mata air Gunung Panganjaran ini mulanya bernama Curug Citagur. Perubahan nama karena suara air terjunnya mirip dengan suara gendang atau tambur, warga setempat kemudian menamainya Curug Gendang. Curug Gendang tersebut mempunyai terjunan air setinggi 7 meter yang di bawahnya terdapat kolam sedalam 13 meter dan luas 10 meter. Berlokasi di Kecamatan Carita, Kabupaten Padeglang, Banten atau berjarak 2 km dari jalan Raya Carita dan 3,5 km dari Taman Wisata Alam Carita. Nah, setelah sampai di areal parkir atau pos jaga perjalananmu berlanjut dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 1 km hingga tiba ke lokasi. Kondisi jalan setapak tersebut berliku, menanjak dan menurun dengan kontur jalan berbatu dan cukup memacu adrenalin anda.

Setelah sampai di kawasannya terdapat beberapa home stay, pesanggrahan, serta wisma berbagai tipe yang berfungsi sebagai tempat inap. Tidak Cuma itu saja, tersedia juga areal camping ground yang tak kalah serunya.

  1. Air Terjun Curug Putri

Karena berada dikawasan Gunung Pulosari membuat lokasi Air Terjun Curug Putri ditempat ketinggian, untuk mencapainya harus melewati jalur pendakian yang berliku dan stamina yang fit. Terletak di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Yang jaraknya sekitar 26 km dari pusat kota Pandeglang dengan rute Pandeglang – Mengger – Mandalawangi – Cilentung – Curug Putri. Setiba di pos pintu masuk yang berada di Desa Ciletung perjalanan dilanjutkan dengan cara berjalan kaki melewati jalan setapak berbatu sekitar 2 km. Tidak jauh dari lokasi wisata tersebut, sekitar kurang lebih 850 meter terdapat Kawah Pulosari dan juga sumber air panas.

34. Arung Jeram Sungai Ciberang

Merupakan salah satu Obyek Wisata Alam Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sungai selebar 50 meter ini bersumber dari pegunungan Halimun dan juga merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar. Wisata tersebut mempunyai nuansa pemandangan alam yang indah, di tepi sungai banyak di temukan pepohonan beraneka ragam, tebing-tebing yang unik, serta bermacam bentuk bebatuan. Rute surving sepanjang 10 km adalah salah satu daya tarik arung jeram di Sungai Ciberang. Setidaknya ada 4 paket arung jeram yang ditawarkan BRC dengan kesemua paket tersebut bisa memberi hiburan yang menantang bagi Kamu dan SELAMAT DATANG.

35. Rawa Dano

Tempat Wisata alam ini berlokasi di Kampung Penenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, Banten. Di lihat dari namanya sudah jelas bahwa obyek wisata kali ini merupakan sebuah tempat wisata berbentuk rawa. Rawa Dano merupakan sebuah tempat wisata alam yang didominasi dengan rawa-rawa dan sebuah danau. Keindahan pesona alam Rawa Dano mulanya merupakan kepundan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi, dengan berjalannya watu berubah menjadi sebuah danau dan rawa-rawa di atas danau.

Berkunjunglah, Anda akan melihat alam yang masih asri nan indah, sejauh mata memandang dimanjakan oleh hijaunya pepohonan yang hidup disekitar kawasan ini.Oleh karena keindahan alamnya, Rawa Dano kini sudah ditetapkan sebagai obyek wisata pemandangan alam oleh pemerintah Kabupaten Serang. Tak jauh dari tempat wisata tersebut terdapat berbagai tempat peristirahatan seperti villa, dimana di dalamnya terdapat kursi-kursi untuk bersantai sambil melihat Rawa Dano yang luar biasa indahnya.

  1. Danau Tasikardi

Pengabilan nama Tasikardi merupakan gabungan dari dua suku kata bahasa Sunda yakni Tasik dan Ardi yang  memiliki makna Danau Buatan. Danau yang berada di Desa Margasana, Kecamatan Kramatwat, Kabupatn Serang, Banten ini dibuat pada masa pemerintahan Penembahan Maulana Yusuf yang merupakan sultan ke-II dari Kesultanan Banten.

Danau Tasikarni merupakan Obyek Wisata yang cukup ramai khususnya pada akhir pekan atau hari libur. Bayangkan saja airnya tenang, angin yang sejuk dan banyaknya deretan pepohonan rindang sangat cocok untuk tempat liburan bersama keluarga maupun mencari suasana harmoni mencari inspirasi. Danau ini juga menjadi rumah bagi bermacam ikan tawar, sangat searah bagi Kalian yang memiliki hobi memancing dan di salurkan ditempat wisata tesebut. Selain itu bisa melakukan kegiatan camping ground dimana para wistawan bisa menyatu dengan alam. Bosan ? anda bisa menyewa perahu guna untuk menuju ke pulau kecil yang dulunya merupakan tempat rekrasi keluarga kesultanan. Ternyata. di pulau itu terdapat sisa-sisa peninggalan Kesultanan Banten.

  1. Air Panas Cisolong

Pemandian Air Panas Cisolong ramai dikunjungi wisatawan yang berlokasi di Kampung Cisolong, Desa Sukamanah, Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Padeglang, Banten. Kebanyakan para wisatawan yang datang untuk mengobati berbagai penyakit kulit, penyakit tulang, dan lain sebagainya yang dipercaya bisa sembuh dengan lantaran sumber air panas yang berasal dari Gunung Karang. Yang pastinya tempat tersebut bisa menjadi tempat mengasyikkan untuk berlibur bersama keluarga tercinta sehingga kegiatan liburan menjadi bermakna.

Pada umumnya para pengunjung yang datang disini mulai pukul 4 sore sampai jam 9 malam dengan jam buka selama 24 jam penuh. Pemandian tersebut dibuka sejak tahun 2008 dengan tiga kolam pemandian dan salah satu kolamnya mememiliki suhu terpanas yaitu 70 derajat celcius. Tetapi kolam terpanas itu tidak dipakai untuk berenang,  melainkan sebagai sumber air panas yang di alirkan ke kolam lainnya. Dari tempat parkir kendaraan Anda, perjalanan di lanjutkan berjalan kaki sejauh 100 meter untuk sampai ke kolam.

  1. Pemandian Cikoromoy

merupakan suatu tempat berlibur yang berlokasi di Desa Kadubungbung, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Padeglang, Banten ini memiliki konsep wisata keluarga yang bisa terbilang seru. Bagaimana tidak, dari perjalanan menuju ke lokasi saja Kalian akan di suguhi pemandangan pedesaaan, persawahan, rumah-rumah penduduk yang masih sederhana dan juga gunung-gunung yang ada sekitar tempat wisata. Istimewanya walaupun di musim kemau air di Pemandian Cikoromay ini tak pernah kering meskipun di gunakan untuk PDAM yang mengairi perumahan di sekitar Padeglang oleh pemerintah daerah tersebut. Ketika merasa lapar, cobalah ke warung dan cicipi makanan spesianya dengan menu ikan bakar. Oһ iya, selain itu terdapat wisata lainnya yakni Batu Qur’an yang di anggap keunikan khas di obyek wisata Cikoromoy Padeglang.

  1. Kandank Jurank Doank

Merupakan sekolah alam tanpa pungutan biaya sedikitpun atau gratis, adapun kegiatan yang biasa dilakukan adalah belajar menggambar, bermain bola, gitar, olah vokal, menari dan lain sebagainya. Pada awalnya tempat ini dirilis pada tahun 1993 pleh artis dan seniman Dik Doank yakni sebagai sekolah alam untuk anak-anak kampung sekitar. Cita-cita Dik Doank di saat itu adalah ingin anak-anak miskin bisa belajar sekolah yang sebenarnya. Sebab lewat alam diharapkan anak-anak mampu mengenal diri dan potensinya yang kemudian dikembangkan. Berjalannya waktu Kandank Jurank Doank berkembang menjadi tempat yang sangat menyenangkan bagi anak-anak dari kalangan manapun.

Tak pandang bulu miskin, kaya, tua, muda warga sekiar ataupun anak-anak yang berkunjung, kesemuanya diterima dengan baik. Suasana nyaman dikawasan tersebut didukung dengan udara sejuk, bebas polusi, alam hijau serta dikelilingi sawah-sawah yang luas.selain itu, ditemat ini ada Museum Kandank Jurank Doank yang menyimpan sejarah kehidupan Dik Doank mulai dari masa kanak-kanak hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *