10 Tempat Wisata di Sijunjung Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Kunjungi

Diposting pada

Sijunjung merupakan salah satu Kabupaten yang berlokasi di Sumatera Barat. Nama sijunjung memang belum cukup pupuler di kalangan masyarakat secara nasional tetapi kekayaan alamnya mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar. Memang sebagian dari kita jarang mendengar eksistensi tempaat wisata di Kabupaten Sijunjung.

Padahal tempat  wisata alam di daerah ini tidaklah kalah dibandingkan dengan tempat wisata yang ada di daerah lain. Lalu mengapa kita tak pernah mendengar gaungnya. Kurangnya promosi dan publikasi dari tempat  wisatanya atau kurangnya pengelolaan dan perhatian terhadap tempat wisata yang ada.  Berikut akan kami bahas dan rangkum  tentang 10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang yang wajib kamu kunjungi bisa kamu simak dibawah ini :

Tempat Wisata di Sijunjung Sumatera Barat

1. Tempat Wisata Danau Hijau Bukit Bual

Tempat Wisata pertama di Sijunjung merupakan  Danau Hijau Bukit Bengal. Dulunya tempat ini merupakan bekas tambang batubara yang sudah tak digunakan lagi. Karena itu kini lubang yang ternganga akibat ditinggalkan menjadi sebuah Danau yang mempesona. Danau ini berlokasi  di Nagari Bukit Bual, Kecamatan Koto VII, Kabupetan Sijunjung. Untuk bisa mencapai  lokasi hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari tanjung ampalop dan 45 menit dari ibukota Muaro Sijunjung.

Danau Hijau Bukit Bengal kini namanya semakin terkenal  bahkan beberapa media telah meliput akan keindahan danau hijau ini. Setiap harinya banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Dikarenakan  keunikan dari danau yang berwarna hijau,  banyak pengunjung yang mengabadikan moment tersebut dengan latar belakang Danau serta panoramanya yang mempesona dan menawan.

2. Tempat Wisata Ngalau Talago

Ngalau Talago merupakan  surga sesungguhnya bagi pecinta trekking, caving dan petualangan sejati. Ngalau atau Gua ini adalah tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Sijunjung. Gua ini sangat eksotis dan menawan. Bahkan karna pesonanya sanggup  menarik beberapa kalangan penting seperti peneliti, komunitas pecinta alam, dan jurnalis untuk bisa menyaksikan keelokan Gua ini. Ngalau Talago ini berlokasi  di Nagari Silokek yang berjarak 2 Km dari pasir putih dan sekitar 45 mrnit berkendara dari Muaro Sijunjuang.

Untuk mencapai lokasi tak terlalu sulit para pengunjung cukup berjalan sejauh 1,5 km untuk dapat  mencapainya. Memang perjalanan menuju kesini cukup melelahkan tetapi  semua terbayar dengan keindahan yang kita dapatkan. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati keindahan gua dengan hiasan stalagtit dan stalagmit yang meneteskan butira-butiran air yang bening serta memancarkan cahaya bagaikan manik-manik. bisa dikatakan bahwa gua ini sangat mempesona dan akan membuat pengunjung betah berlokasi  di dalamya.

3. Tempat Wisata Pulau Andam Dewi

Pulau Andam Dewi merupakan  tempat wisata berupa pegunungan terjal yang berlokasi di Kawasan Musiduga Silokek. Tempat ini sangat indah, di dalamnya tumbuh hutan tropis di pulau ini pula ada pemukiman yang sebagian besar masyarakatnya sangat menjaga keasrian pulau ini. Tempat ini mempunyai  pemandangan yang asri. Maka wajar apabila  tempat ini di jadikan sebagai tujuan tempat wisata. Untuk menunjang pariwisata pemerintah daerah setempat juga sudah  membangun beberapa buah Gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat.

4. Tempat Wisata Wahana Telabang Sakti

Salah satu tempat wisata yang banyak di mintai oleh banyak anak-anak sijunjung adalag Wahana Telabang Sakti. Tempat wisata ini berupa kolam pemandian dengan beragam permainan di dalamnya. Tempat ini sengaja direkayasa secara alamiah oleh pemiliknya sehingga kini pemandian Telabang Sakti banyak diminati pengunjung.

 Di tambah lagi disekitar pemandian terdapat lokasi outbond yang berbatasan langsung ke arah hutan. Pastinya apabila berwisata ke tempat ini akan sangat seru. Wahan Telabang Sakti berlokasi  di Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupeten Sijunjung. Tepatnya di pinggir ja;an Negara di kiliran Jao ke Teluk Kunantan. Hanya dibutuhkan jarak 8 Km dari kiliran Jao untuk sampai di tempat ini.

5. Tempat Wisata Lokomotif Uap

Lokomotif Uap adalah salah satu tempat  wisata sejarah yang ada di Sijunjung. Tempat ini menjadi saksi sejarah dari penjajahan jepang. Dulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk mengumpulkan para pemuda jawa dan sumatera yang dijanjikan untuk di sekolahkan. Tetapi  pada kenyataanya mereka di bawa ke dari MUSIDUG untuk dipekerjakan secara romusha. Kini tempat ini di rubah menjadi tempat wisata sejarah yang dimana setiap pengunjung bukan hanya sekedar datang tetapi  juga dapat  belajar dari sejarah yang dimiliki tempat ini. Lokomotif uap ini berlokasi di Nagari Durian Gadang atau jika dari pasir putih berjarak sekitar 2,5 km.

6. Tempat Wisata Arum Jeram

Aliran Sungai Batang Kuantan terkenal sebagai salah satu jenis  olahraga arum jeram yang ada di kota Sijunjung. Pengunjung untuk berwisata sekaligus bisa menikmati olahraga ekstrim disini maka pemerintah menanggapi ini dengan serius dan aman. Terlihat dari Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten sijunjung sudah mengembangkan kegiatan tempat wisata dan oleharaga di tempat ini.

Salah satunya dengan menyediakan pendamping dan memberi kenyamanan bagai para pelaku arum jeram. Salah satu keistimewaan olahraga arum jeram disini yaitu Aliran Sungai Batang Kuantan Masuk dalam kategori kesulitan yang dimana pelaku arum jeram sudah harus cekatan paling tak sudah profesional untuk mencoba trek di tempat ini. Lokasi Arum Jeram Batang Kuantan berlokasi di Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Lokasinya berjarak sekitar 120 Km dari Kota Padang.

7. Tempat Wisata Perkampungan Adat Sijunjung

Perkampungan Adat di sijunjung merupakan kawasan perkampungan eskotis yang dijadikan sebagai kunjungan tempat wisata di Kabupaten Sijunjung. Perkampungan Adat ini banyak mempunyai  keunggulan dan keunikan apabila dibandungankan dengan daerah lain di Provinsi Sumatera Barat. Perkampungan yang pertama yaitu Jorong Koto Padang merupakan  sebuah kawasan yang menjadi refleksi kehidupan masyaralat Nagari Sijunjung dalam bidang Sosial kemasyarakatan, Seni, Ekonomi, dan Budaya diwujudkan dalam aktivitas-aktivitas rutin di tempat ini. Sedangkan perkampungan adat yang kedua yaitu Perkampungan adat Nagari Sijunjung Koto Padang Ranah dan Tanah Bato Pada tahun 2004 tempat ini telah diusulkan sebagai Warisan Dunia ke Unesco.

8. Tempat Wisata Air Terjun Batang Taye

Tempat wisata alam di Sijunjung berikutnya adalah  Air Terjun Batang Taye. Air terjun ini berlokasi  di Kawasan Wisata Silokek. Salah satu kekhasan yang dimiliki air terjun ini terdiri dari 8 tingkatan yang setiap tingkatannya mempunyai  keindahan tersendri.

9. Tempat Wisata Simpang Tugu

Simpang Tugu adalah landmark Kabupaten sijungjung, di simpang tugu sering diadakan acara event event besar, dan disekitarnya terdapat kantor kantor pemerintahan, setiap malam banyak orang yang berjualan di sekitar simpang tugu ini. Apabila  kamu sedang berkunjung ke kota Sijunjung maka kamu bisa mampir ke Simpang Tugu sebagai tempat foto untuk mengabadikan moment liburan kamu di kota ini.

10. Tempat Wisata Pasir Putih

Pasir Putih adalah kawasan wisata alam yang cukup terkenal  di sinjunjung. Walaupun hamparan pasir ini berlokasi  di pinggir sungai tetapi  hamparan pasir putih ini tak kalah indahnya dengan hamparan pasir di pinggir lautan. Sambil bersantai di pasir putih ini kita dapat merasakan besarnya kekuasaan Tuhan yang menciptakan keindahan alam di Silokek ini. Mudah-mudahan. Tempat ini menyuguhkan berbagai macam pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

Terdapat bukit-bukit karang yang berdiri di sepanjang pinggiran sungai, terdapat pula tebing yang membentuk ngarai-ngarai yang indah dengan aliran sungai Batang Kuantan di bawahnya. Tak lama dalam perjalanan akan dijumpai sebuah pemandangan yang kontras antara tebing-tebing yang terjal dengan hamparan pasir putih halus di pinggiran sungai. Sungguh suatu pemandangan yang memukau. Tetapi  untuk mencapai tempat wisata ini belum cukup memadai sehinggi diharapkan bagipPemerintah setempat dapat  lebih memperhatikan lagi tempat  ini terutama akses jalan dan masih minimnya fasilitas yang tersedia untuk publik.

Demikian artikel yang dapat kami sampaiakn mengenai 10 Tempat Wisata di Sijunjung, Sumatera Barat Yang WajiB Kamu Kunjungi yang bisa menjadi referensi untuk tujuan destinasi wisata dan menmabha daftar wisata. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *